Seputar Microsoft Windows 8 Dengan Fitur Baru


Fakta Seputar Microsoft Windows 8
Microsoft Windows 8 (Foto: minimalis)
Microsoft Windows 8 - Windows 8 merupakan nama kode dalam bentuk versi selanjutnya dari Microsoft Windows, jajaran sistem operasi yang diterbitkan oleh Microsoft agar dapat dioperasikan pada komputer pribadi, berbasis bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media. Sistem operasi (OS) ini memakai mikroprosesor ARM, selain mikroprosesor x86 tradisional produksi Intel dan AMD. Interface Admin diubah agar bisa dijalankan pada fitur layar sentuh selain mouse dan keyboard. Sehingga peforma Windows 8 sangat baik untuk perangkat Tablet sentuh.

Microsoft secara formal mempublikasikan jadwal perilisan sistem operasi Windows 8, Jum’at (26/10/2012), sekaligus dengan pengenalan komputer perdana yang berbasis Windows 8. Microsoft sudah menerbitkanWindows 8 versi Release Preview, untuk eksperimen atau percobaan antarmuka diseluruh pasar teknologi dunia dan menghimpun komentar mereka guna evaluasi Windows 8 menjadi lebih baik. Microsoft pun kini sudah memasarkan Windows 8 Enterprise yang mempunyai fitur terlengkap di antara versi Windows 8 lainnya, umpamanya konfigurasi layar terdapat setelan pilihan latar belakang yang lebih bervarisi dan penuh ragam atau warna.

Pada Rabu (29/2/2012), Microsoft awalnya telah mempublikasikan secara gratis Windows 8 Versi Consumer Preview sebelum diluncurkannya versi beta pada bulan Maret 2012. Microsoft juga sudah menerbitkan Windows 8 Versi Release Preview, ini adalah versi terakhir dari eksperimen Windows 8, yang tidak akan dirubah lagi jika nantinya ditemukan bug (celah sistem) yang terlalu besar.

Dilansir dari tekno.kompas.com, ini nilai pentingnya fakta tentang Windows 8:
1. Ketersediaan
Windows 8 telah bisa diunduh dari website resmi Microsoft mulai Jum’at (26/10/2012). Tidak hanya cara online ini, terdapat paket instalasi Windows 8 dalam bentuk DVD.

2. Harga
Upgrade online Windows 8 ada bagi pemakai Windows XP, Vista dan 7. Untuk Admin yang mengorder sistem operasi atau komputer dengan salah satu dari ketiga sistem operasi tersebut sebelum 2 Juni 2012, upgrade online Windows 8 sebanyak 40 dollar AS.

Untuk pengguna yang mengorder sistem operasi atau komputer dengan salah satu dari ketiga sistem operasi tersebut antara tanggal 2 Juni 2012 sampai dengan 31 Januari 2013, terdapat diskon upgrade dan Anda cukup membayar 14.99 dollar AS saja. Adapun versi Windows 8 dalam bentuk DVD dijual seharga 70 dollar AS.

3. Perbedaan antar versi Windows 8
Windows 8, merupakan versi paling fundamental yang menargetkan kalangan pengguna biasa. Fitur-fiturnya seperti tampilan Start Screen baru, aplikasi-aplikasi utama seperti Mail, Music, Calendar, Internet Explorer 10, Windows Store, dan desktop.

Windows 8 Pro, versi ini mempunyai seluruh fitur Windows 8 standar diupgrade sejumlah layanan lain yang berfungsi untuk power user seperti BitLocker, client hyper-v, domain join, enkripsi file sistem, dukungan group policy, dan remote desktop hosting.

Windows RT, Ini merupakan versi Windows 8 yang diterapkan pada perangkat-perangkat tablet berbasis ARM. Berbeda dengan dua versi lainnya, Windows RT belum bisa mengoperasikan aplikasi-aplikasi yang ditetapkan untuk komputer desktop (x86/ 64). Ia hanya akan mengoperasikan aplikasi yang didapat dari Windows Store saja.

4. Kebutuhan Hardware

Windows 8

Untuk dapat mengoperasikan Windows 8, sebuah objek komputer harus mempunyai minimal:

RAM sebesar 1 GB untuk versi 32-bit atau 2 GB untuk versi 64-bit
Ruang hard disk (space hard disk) sebesar 16 GB untujk versi 32-bit atau 20 GB untuk versi 64-bit
grafis yang kompatibel dengan DirectX 9 prosesor
Untuk mengakses aplikasi yang di download dari Windows Store, pengguna harus mempunyai layar monitor dengan resolusi 1024x768 atau lebih. Resolusi standar sebesar 1366x768 dibutuhkan untuk menghidupkan fungsi "snap" sehingga aplikasi-aplikasi dari Windows Store lebih mudah diatur.

5. Interaksi dengan Antar Muka Baru
Salah satu perbedaan dan perubahan terbesar dalam Windows 8 adalah dialih-fungsikannya tombol "Start" dari desktop. Sebagai gantinya, Microsoft membuat layar "Start Screen" berisi kumpulan atau daftar aplikasi-aplikasi yang terinstal di komputer, yang tersusun dalam pola berbentuk kotak-kotak minimalis dengan thumbnail.

Secara universal, antarmuka baru pada Windows 8 lebih sesuai dengan notebook daripada desktop, sebab touchpad pada notebook tersedia pilihan input touch gesture sama pada perangkat tablet yang berfungsi lebih baik pada antarmuka Windows 8 dibandingkan pemakaian dengan mouse.

Namun, dengan ada penyesuaian, pengguna juga dapat menjalankan mouse untuk bernavigasi dalam Windows 8 tanpa problem.

6. Toko Aplikasi di Windows Store
Dalam Windows 8, terdapat icon toko aplikasi Windows Store yang sama dengan Apple App Store pada Mac OS. Pada website ini, pengguna bisa men-download berbagai aplikasi yang formasi khusus untuk Windows 8.

Pengguna Windows 8 dan Windows 8 Pro bisa mengoperasikan aplikasi Windows termasuk aplikasi-aplikasi lama untuk windows 7 (sistem operasi sebelumnya).

7. Koneksi Cloud
Berbeda dari edisi sebelumnya, Windows 8 difungsikan untuk “cloud”. Sistem operasi ini menyediakan aplikasi SkyDrive, yaitu fitur Cloud Storage milik Microsoft secara built-in. SkyDrive rencananya juga diterapkan Microsoft Office terbaru dan sebagai tempat penyimpanan default untuk dokumen sehingga pengguna bisa mengaksesnya dari seluruh jenis perangkat.

8. Perbedaan dan kesamaan Windows 8 dengan Windows Phone 8
Windows 8 dan Windows Phone 8 mempunyai beberapa kemiripan dalam hal kernel yang difungsikan sehingga aplikasi yang diperuntukkan pada Windows 8 nantinya juga akan dapat berjalan di Windows Phone 8. Untuk saat ini, hal itu belum terealisasikan dan kedua sistem operasi masih berdiri terpisah, namun, Bill Gates, pendiri Microsoft, mengutarakan bahwa Windows 8 dan Windows Phone 8 sedang berotasi menjadi satu platform eksklusif (tunggal).

0 Response to "Seputar Microsoft Windows 8 Dengan Fitur Baru"

Posting Komentar

wdcfawqafwef